Selasa, 07 Maret 2017

cara membuat kabel utp straight dan cross

cara membuat kabel utp straight dan cross
caranya adalah sebagai berikut :
pertama siap kan dulu alat dan bahannya yaitu tang crimping, kabel UTP(Unshielded Twisted Pair) , rj 45, dan lan tester. Sebelum kita melanjutkan saya akan menjelaskan warna kabel  dalam kabel utp straight dan cross lihat contoh gambar dibawah ini.

itu adalah warna kabel straight dan cross anda bisa lihat pada gambar di atas perbedaan kabel straight dan kabel cross yaitu pada ujung kabel a dan b untuk kabel straight urutan warna kabelnya sama yaitu  putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat kedua ujung kabel a dan b memiliki urutan warna yang sama. lalu untuk kabel cross ujung kabel a dan b berbeda untuk kabel ujung a biasanya putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih coklat, coklat dan untuk kabel ujung b putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, coklat.
oke kita akan membuat kabel utp straight dan cross :

  • pertama siap kan dulu kabel utp minimum panjang kabelnya yaitu 0,5 meter. 
  • lalu kita kupas kulit kabel sepanjang kurang lebih sekitar 5 cm di kedua ujung. 
  • setelah itu kita urutkan warna kabel sesuai dengan kabel apa yang kita akan buat.
  • setelah warna sudah urut gunting ujung kabel warna tersebut dengan rata agar ketika dimasukin kedalam rj 45 pas dan tidak berantakan gunting lah dengan tang crimmping biasanya terdapat bagian mata gunting untuk memotong kabel warna tersebut agar rata.
  • lalu masukan dengan posisi kuningan di rj posisi atas seperti pada contoh gambar dibawah ini pastikan juga bahwa kulit kabel masuk juga kedalam rj 45 agar kabel kuat dan tidak mudah rusak
   
  • setelah itu crimpinglah rj 45 tersebut dengan tang crimping seperti contoh dibawah ini pastikan warna atau urutan warna kabel yang kita buat sudah sesuai lalu ditekan tang crimping tersebut.


  • setelah dicrimping lalu dites apakah warna tersebut sudah urut dan sudah terhubung semuanya kita tes menggunakan lan tester seperti ini.

oke jika semuanya telah selesai kabel lan siap digunakan minum pada kabel lan yaitu 0.5 meter sedangkan maksimumnya 100 meter. sekian dari saya dan terima kasih.














0 komentar:

Posting Komentar